RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : IV / II
Tahun Pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi : 4. memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup.
Kompetensi Dasar : 4. 1 mendiskripsikan daur hidup beberapa hewan dilingkungan sekitar, misalnya kupu-kupu, kecoa, kucing.
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 x pertemuan)
1. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa mampu menjelaskan pengertian daur hidup hewan dan memberikan contohnya
b) Siswa mampu membuat laporan hasil pengamatan daur hidup hewan yang dipeliharanya
2. Materi Pembelajaran
Daur hidup hewan
3. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- Permodelan
- Penugasan
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
1) Memeriksa kehadiran siswa dan kebersihan kelas
2) Memberikan apersepsi
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
1) Mencari tahu pengertian daur hidup hewan
2) Membahas ragam langkah daur hidup hewan
3) Membentuk kelompok pendengar dan diskusi
Elaborasi
1) Siswa memberikan pendapatnya
2) Siswa mendengarkan penjelasan guru.
3) Siswa mendiskusikan daur hidup hewan yang pernah dilihatnya
Konfirmasi
1) Memberikan penilaian terhadap pendapat siswa
2) Memberikan penguatan tentang pendapat
c. Kegiatan Akhir
1) Menyimpulkan hasil diskusi yang dilakukan siswa
2) Menginformasikan materi pertemuan berikutnya
5. Sumber Belajar
a. VCD / Kaset / Gambar
c. Buku Sains
6. Penilaian
Indikator:
4.1 Mendiskripsikan daur hidup beberapa hewan dilingkungan sekitar, misalnya : kupu-kupu, kucing, kecoa
Teknik Bentuk Instrumen : Tertulis dan Uraian
Uji soal dalam bentuk laporan
Contoh Instrumen
1. Sebutkan langkah-langkah dalam proses daur ulang hewan yang kamu pelihara!
Pedoman Penskoran
Aspek yang Dinilai dan Skor
1. Tata tulis dan kesesuaian isi 1 – 10
2. Tata tulis dan kesesuaian isi dalam penyampaian 1 – 10
Skor Maks 20
Mengetahui Semarang, 03 Desember 2010
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,
Drs. Maskun Ike Rohmawti, Spd
NIP 19640307 199003 1 011 NIP 19690319 083911 0 007
Tidak ada komentar:
Posting Komentar