1. SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN ASPEK MENDENGARKAN
Nama Sekolah : Madrasah Ibtida’iyah (MI)
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas : I (Satu)
Semester : I (Satu)
Standar Kompetensi : mampu mendengarkan dan memahami berbagai wacana lisan, melalui mendengarkan berbagai bunyi / suara atau bunyi bahasa, dan tembang dolanan
NO
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI POKOK PENGALAMAN
BELAJAR
WAKTU SUMBER / BAHAN / ALAT ASPEK PENILAIAN
TEKNIK BENTUK
INSTRUMEN CONTOH
INSTRUMEN
1
2 1.1 mendengarkan dan membedakan berbagai bunyi / suara dan atau bunyi bahasa
1.2 mendengarkan tembang dolanan
.
1.1.1 membedakan berbagai suara tertentu
1.1.2 menirukan bunyi
1.1.3 mengenal bunyi bahasa
1.1.4 membedakan bunyi bahasa
1.1.5 melafalkan bunyi bahasa secara tepat
1.2.1 mendengarkan tembang dolanan
1.2.2 Mampu menembangkan tembang dolanan sesuai dengan titilaras yang tepat.
1.2.3 Mampu memparafrasekan tembang dolanan.
1.2.4 Mampu menjawab pertanyaan tembang dolanan Diri sendiri
Macem-macem tembang - mencritakan gambar dan menjelaskan suaranya
- mengajak siswa untuk menemukan suara-suara yang lainnya
- membacakan cara membaca kalimat
- latihan membaca kalimat
Pertemuan 1 :
- Menjawab pretes tentang aturan tembang dolanan
- Mendengarkan informasi tentang membaca tembang Dolanan
- Membaca notasi tembang dolanan per baris berbarengan.
- Membaca notasi tembang Dolanan per orangan.
4 x 35 menit (2 x pertemuan)
4 x 35 menit (2 x pertemuan)
Buku Seneng Basa Jawa
Buku pepak basa jawa / yang relevan Unjuk kerja
Unjuk kerja Uraian
Uraian Critakna swara gambar iki!
2. SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN ASPEK BERBICARA
Nama Sekolah : Madrasah Ibtida’iyah (MI)
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas : I (Satu)
Semester : I (Satu)
Standar Kompetensi : Mampu mengungkapkan gagasan dan perasaan secara lisan melalui memperkenalkan diri, menyapa, menjawab sapaan sesuai unggah-ungguh
NO
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI POKOK PENGALAMAN
BELAJAR
WAKTU SUMBER / BAHAN / ALAT ASPEK PENILAIAN
TEKNIK BENTUK
INSTRUMEN CONTOH
INSTRUMEN
1 2.1 memperkenalkan diri menggunakan kalimat sederhana dengan ragam bahasa tertentu
2.2 menyapa dengan kalimat sederhana dan santun
2.3 menjawab sapaan sesuai unggah-ungguh
2.1.1 menyebutkan data diri (nama, kelas, sekolah, tempat tinggal dengan kalimat sederhana)
2.1.2 memperkenalkan nama orang tua dan saudara kandung
2.1.3 menanyakan identitas teman
2.1.4 berdialog dengan teman tentang diri sendiri
2.2.1 menyapa teman sebaya, guru, orang yang lebih tua, dengan bahasa dan cara yang sesuai
2.2.2 menyampaikan salam, permohonan maaf, izin dan terima kasih kepada teman sebaya dan orang yang lebih tua.
2.3.1 Dapat mengerti arti kata sapaan
2.3.2 Dapat mengetahui unggah ungguh kata spaan
2.3.3 Menjawab sapaan teman sebaya, guru, orang tua, dengan bahasa dan cara yang sesuai
Diri sendiri
Sapaan (teman, guru,orang tua, dan orang yang lebih tua)
menjawabSapaan (teman, guru,orang tua, dan orang yang lebih tua) - menyimak contoh tentang perkenalan
- mengenalkan diri sendiri
- menceritakan diri sendiri dengan kalimat sederhana
- mengenalkan keluarga dan saudara
Pertemuan 1
- Menjawab pre test tentang pengenalan diri sendiri
- Bercerita tentang diri sendiri
- Mengomentari cerita teman.
Pertemuan 2:
- Menjawab pre test tentang cerita yang telah diceritakan temannya.
- Melanjutkan cerita dengan kalimat sederhana
- Bertanya jawab tentang cerita
- Mencatat pesan/ simpulan/tugas.
Pertemuan 1:
- Menjawab pretes isi
- Mendengarkan informasi dialog.
- Membedakan dialog dan cerita.
- Membentuk kelompok
- Berdialog dengan tema dan peran tertentu.
- Mengkritisi diaolog teman
- Menjawab pretes isi
- Mendengarkan informasi dialog.
- Membedakan dialog dan cerita.
- Membentuk kelompok
- Berdialog dengan tema dan peran tertentu.
- Mengkritisi diaolog teman
4 x 35 menit (2 x pertemuan)
4 x 35 menit (2 x pertemuan)
4 x35 menit (2 x pertemuan)
4 x 35 menit (2 x pertemuan) Buku Seneng Basa Jawa / buku yang relevan
Buku Sinau Basa Jawa / buku yang relevan
Buku Seneng Basa Jawa / buku yang relevan
Buku Seneng Basa Jawa / buku yang relevan
Unjuk Kerja
Unjuk Kerja
Unjuk Kerja
Unjuk Kerja
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
- kenalno data awakmu ing ngarepe konco-konco !
- Critakna keluargamu nganggo boso seng bener !
- Tindakna pacelathon karo klompokmu kanthi tema sing kopilih
- Tindakna pacelathon karo klompokmu kanthi tema sing kopilih!!
3. SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN ASPEK MEMBACA
Nama Sekolah : Madrasah Ibtida’iyah (MI)
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas : I (Satu)
Semester : I (Satu)
Standar Kompetensi : Mampu huruf, membaca suku kata, kata dan kalimat sederhana dengan nyaring
NO
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI POKOK PENGALAMAN
BELAJAR
WAKTU SUMBER / BAHAN / ALAT ASPEK PENILAIAN
TEKNIK BENTUK
INSTRUMEN CONTOH
INSTRUMEN
1
2
3.1 Mengeja huruf
3.2 Mengeja suku kata dan kata
3.3 Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal yang tepat dan lancar 3.3.1 Mengenali huruf-huruf a, i, u, e, o.
3.3.2 Menirukan membaca suku kata dan kata
3.3.3 Menirukan membaca kata dan kalimat sederhana
3.2.1 Mengenali suku kata dan kata
3.2.2 Membaca suku kata dan kata dengan intonasi yang benar
3.3.1 Membaca dengan memperhatikan jeda panjang atau pendek
3.3.2 membaca kalimat pendek dengan lafal dan intonasi yang benar
Kegiatan sehari-hari
Kegiatan sehari-hari
Budi pekerti
- Mendengarkan informasi tentang cara membaca
- Menuntun cara membaca kalimat
- Membaca
- Menjawab perta-nyaan bacaan.
- Menceritakan kembali isi bacaan
- Mendengarkan informasi tentang cara mengeja
- Menuntun cara mengeja suku kata dan kata
- Membaca
- Menjawab perta-nyaan bacaan.
- Menceritakan kembali isi bacaan
- Mendengarkan informasi tentang cara membaca
- Menuntun cara membaca kalimat
- Membaca
- Menjawab perta-nyaan bacaan.
- Menceritakan kembali isi bacaan
4 x 35 menit (2 x pertemuan)
4 x 35 menit (2 x pertemuan)
4 x 35 menit (2 x pertemuan)
Buku Seneng Basa Jawa / buku yang relevan
Buku seneng Basa Jawa / buku yang relevan
Buku Seneng Basa Jawa / buku yang relevan
Test Tulis
Test Tulis
Test Lisan
Uraian
Uraian
uraian
Wacanen wacan ing ngisor iki!
Wacanen wacan ing ngisor iki kanthi ejaan seng bener!
Wacanen kalimat ing ngisor iki kanti bener!
4. SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN ASPEK MENULIS
Nama Sekolah : Madrasah Ibtida’iyah (MI)
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas : I (satu)
Semester : I (satu)
Standar Kompetensi : Mampu menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat sederhana dengan huruf lepas.
NO
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR MATERI POKOK PENGALAMAN
BELAJAR
WAKTU SUMBER / BAHAN / ALAT ASPEK PENILAIAN
TEKNIK BENTUK
INSTRUMEN CONTOH
INSTRUMEN
1
2.
4.1 menulis huruf
4.2 Menulis suku kata dan kata
4.3 Menulis kalimat sederhana
4.1.1 Menggerakkan alat tulisda menebalkan tulisan
4.1.2 Menulis huruf yang sudah dikenal
4.1.3 Menulis huruf yang didektekan dengan benar
4.2.1 Menyusun suku kata dengan benar
4.2.2 Menulis suku kata dengan benar
4.2.3 Menulis kata sederhana secara rapi dengan menggunakan huruf lepas
4.3.1 Mengidentifikasi susunan kalimat sederhana dengan benr
4.3.2 Menulis kalimat sederhana dengan menggunakan huruf lepas
4.3.3 Menulis kata yang didektekan oleh guru Lingkungan
Peristiwa
Kegiatan sehari-hari
- Menjawab pre test tentang jenis-jenis huruf
- Mendengarkan informasi tentang jenis huruf
- Tanya jawab cara penggabungkan huruf
- Menulis huruf
- Mengkritisi hasil tulisan teman
- Mencatat simpulan/pesan/ tugas
-menjawab pre test tent menulis dengan cmenulis kata sederhana
-mendengarkan tata cara menulis dengan rapi dengan huruf lepas
- Menjawab pretes nulis huruf lepas
- Mendengarkan informasi cara menulis lepas
- mendekte paling banyak tiga kalimat
- Mengkritisi hasil tulisan teman.
- Memperhatikan simpulan/pesan/ tugas.
4 x 35 menit (2 x pertemuan)
4 x 35 menit (2 x pertemuan)
Buku Seneng Basa Jawa/ buku yang relevan
Buku Seneng Basa Jawa/ buku yang relevan
Buku Senang Basa Jawa/ buku yang relevan
Unjuk kerja
Untuk kerja
Unjuk kerja
Uraian
Uraian
Uraian Tulisen kalimat ing ngisor kanti bener!
Tulisen kalimat ing ngisor nganggo huruf lepas!
Tulisen pacelathon nganggo kalimat sederhana!
Mengetahui Semarang, 21 November 2010
Kepala MI, Guru Mata Pelajaran,
Drs. Umar Atika Novia
NIP 19640307 199003 1 011 NIP 08311007
Tidak ada komentar:
Posting Komentar