Senin, 16 Agustus 2010

BERPETUALANG DENGAN MESIN PENCARI EDUCATION.ISEEK.COM

1) Lakukan ekspermen pencarian infirinsi dengan mengguanakan salah satu mesin pencari
2) Jelaskan teknik penelusuran atau pencarian yang bisa anda lakukan dengan mesin tersebut
3) Lakukan pencarian eksperimen info dan masukkan kata kunci carian bahasa Indonesia dan inggris. Amati hasil yang diberikan oleh mesin pencari tersebut. Buatlah analisis kelebihan dan kekurangan dengan membandingkan google
JAWABAN
I. PENDAHULUAN
Perkembangan teknologi telekomunikasi dan informatika (telematika) saat ini sangat pesat sekali. Perkembangan teknologi tersebut telah menciptakan suatu revolusi yang disebut dengan revolusi informasi, dunia sekarang terikat menjadi satu oleh sistem elektronik yang menyalurkan berita dan data dengan kecepatan cahaya ke seluruh tempat di dunia ini.
Revolusi informasi yang merupakan gabungan antara ilmu pengetahuan dan teknologi telah merubah sumber kekayaan tidak lagi berupa materi-seperti pada revolusi industri- tetapi berupa informasi, pengetahuan yang diterapkan pada pekerjaan untuk menciptakan suatu nilai. Siapa yang menguasai informasi maka ia akan menguasai dunia.
Informatika sebagai suatu ilmu dan komputer sebagai suatu alat telah memunculkan banyak istilah-istilah baru yang kian hari kian bertambah.
Dengan adanya penguasaan materi ataupun keahlian tentang informatika maka akan mudah untuk terjun dalam dunia kerja. Tak heran jika kursus computer sangat banyak diminati oleh pelajar. Pasalnya, dalam kesehariannya tak lepas dari dunia informasi serta dunia maya. Terlebih saat ini banyak kegiatan yang selalu memerlukan hal tersebut

II. POKOK BAHASAN
a. Pengertian mesin pencari education. Iseek. Com
b. Kelebihan yang dimunculkan oleh mesin pencari education. Iseek. Com
c. Langkah-langkan penelusuran
d. Percobaan atau pembuktian
III. PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN
iSEEK ™ Pendidikan adalah mesin pencari yang ditargetkan bahwa mengkompilasi ratusan ribu sumber daya otoritatif dari universitas, pemerintah, dan mendirikan penyedia non-komersial. ini menyediakan tabungan cerdas cari-waktu dan sebuah perpustakaan berbasis web pribadi untuk membantu Anda menemukan hasil yang paling relevan dengan segera dan menemukan mereka dengan cepat kemudian.
Dikatakan pula mesin yang bernama education iseek ini merupakan mesin pencarian yang dapat menghubungkan kita dengan sesuatu yang kita cari. Pada mesin ini merupakan sebuah program bahasa inggris. Ketika kita memasukkan sebuah kata kunci apapun maka ia akan menjawab atau muncul sebuah persepsi dengan bahasa inggris. Namun, pada bagian samping halaman ini terdapat banyak menu yang memudahkan kita untuk memilih apa saja yang kita butuhkan.

B. KELEBUHAN DAN KELEMAHAN YANG DITONJOLKAN
Mesin pencari ini memiliki sebuah keunikan tersndiri, seperti halnya pada halaman pertama ia menawarkan penelusuran melalui web ataupun sharring dengan education. Dua persepsi yang berbeda namun dalam satu wadah.

Dengan sebuah kata kunci sederhana kita dapat mengakses banyak informasi tentang itu, dalam pemunculan jawaban penemuan yang kita cari, mesin ini menawarkan banyak hal yang menghemat waktu kita. Pasalnya mesin ini tidak hanya menjawab apa yang kita cari sesuai dengan kata kunci yang kita masukkan, namun ia memberikan banyak pilihan sesuai dengan yang kita butuhkan.
Meskipun mesin ini merupakan mesin dengan program bahasa inggris, tidak menutup kemungkinan jika kita mencari informasi dengan mesin ini. Karrena dalam mesin ini terdapat pilihan berbagai macam bahasa. Sehingga memudahkan kita dalam mencari apa yang kita butuhkan. Ketika kita masukkan kata kunci sederhana mesin ini akan memunculkan berbagai istilah dan permasalahan yang berbeda. Sehingga, kita bisa mendapatkan ide baru yang bermunculan dengan tawaran atau temuan yang ada dari mesin tersebut.
Sedangkan kelemahan mesin pencari ini adalah tidak adanya program chatting, buku, dan yang lainnya. Dimana kita tetap dapat berhubungan dengan orang lain
C. LANGKAH-LANGKAH PENCARIAN
1. Memasukan alamat http://education.iseek.com, maka akan muncul sebuah beranda education

2. Setelah muncul beranda masukkan kata kunci sederhana yang akan dicari


3. kemudian pilihlah jalur pencari yang telah ada pada beranda tersebut (web/education)
4. setelah itu klik iseek yang berada di samping kotak kunci pencari, maka akan muncul beranda

5. setelah muncul beranda penemuan, carilah apa yang akan kamu inginkan. Jika yang kamu kehendaki merubah bahasa, maka disampeng penemuan itu telah terdapat beranda dan anda tinggal mengklik bagian yang diinginkan.
D. PERCOBAAN/PEMBUKTIAN
Pada penelitian atau pembuktian ini dapat dikatakan bahwa mesin pencari education iseek memiliki kelebihan yang banyak jika dibandingkan dengan mesin pencari google, education iseek menawarkan banyak manfaat dan kelebihan antara lain:
• Kemudahan dalam pencarian sangat kongkrit
• Dalam pemilihan bahasa sangat mudah untuk menggantinya dan penemuannya lebih rinci dan runtut
• Dalam melakukan pencarian, system ini secara langsung akan memunculkan apa yang kita harapkan terlebih mesin ini dapat memunculkan ide lain
Contoh:
Dalam penelusuran kata kunci sederhana misalkanlah pendidikan maka ia akan memunculkan dalam dua persepsi seperti:
EducationIndonesia.Network has been created to bring together education information, resources, articles, and feedback from the general education community. We provide education development information and resources in the areas of education technology, scholarships, School-Based Management, education policy, etc.
We also provide student and teacher forums and many other avenues for visitor participation including the posting of articles from the field. The main purpose of the site is to assist education practicioners and learners in the field. [New Visitors]

Pendidikan.Network ini dimaksudkan untuk merangkum informasi yang berhubungan dengan perkembangan pendidikan yang terjadi dan untuk menyajikan sumber umum serta jaringan komunikasi forum bagi administrator sekolah, para pendidik dan para peminat lainnya. [Informasi Langganan Baru]
Sungguh sangat berbeda saat kita masuk dalam pencari google, dalam halaman pertama ia telah menawarkan banyak pilihan diantaranya web, gambar, berita, buku, blog dan juga gmail. Memang sangat lengkap. Namun dalam penelusuran sebuah kata kunci google acapkali memberikan sebuah proporsi ganda atau dapat dikatakan ia memberikan penemuan yang berulanng
Contoh:
Dalam penelusuran salah satu kata kunci google akan memberikan proporsi yang sangat sederhana meski kita terkadang kurang jeli dan memperhatikannya terkadang dalam penerjemahannya ia sering kali tidak sistematis atau dapat dikatakan amburadul seperti halnya:



IV. KESIMPULAN
Dari penelitian atau pembuktian diataas dapat disimpulkan bahwa mesin pencari education iseek sangat praktis dan juga mempermudah kita dalam pencarian sebuah kata kunci sederhana. Selain memiliki kelebihan yang banyak fungsi education iseek merupakan mesin pencari yang sistematis, dapat mempersingkat waktu dan juga memiliki proporsi yang mudah didapat dan dapat menjangkau waktu singkat dalam kepentingan tertentu. Meski dalam mesin ini telah terprogram English, namun didalamnya terdapat banyak banyak pilihan yang kita inginkan.
V. PENUTUP
Dalam era globalisasi terdapat banyak kemajuan yang memberikan tantangan terhadap generasi masa sekarang, dimana dalam era ini banyak sitem-sistem baru yang selalu lekat dalam kehidupan kita. Contoh kecil informatika dan juga yang lainnya. Sekali lengah maka akan tertinggalah kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar